Kbar Kampus

Untuk Kampus, Dari Kampus, Oleh Kampus

SpaceIklan

Mengenal Jurnalistik Online

Dipublikasikan pada: Minggu, 24 Februari 2013 // ,

 Oleh : Agina Puspanurani

Berbicara mengenai Jurnalistik Online, maka tidak terlepas dari definisi kedua kata yaitu Jurnalistik dan Online. Jurnalistik adalah proses  atau teknik mencari, mengolah, menulis dan menyebarluaskan informasi berupa berita (news) dan opini (views) kepada publik melalui media massa[1].
Sedangkan Online adalah terhubung,terkoneksi, aktif dan siap untuk operasi, dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer. Online ini juga bisa diartikan sebagai suatu keadaan dimana sebuah device (komputer) terhubung dengan device lain, biasanya melalui modem[2].

Jadi, Jurnalistik Online adalah aktivitas jurnalistik yang penyebarluasan informasinya melalui media internet.
Dalam banyak referensi disebutkan bahwa jurnalistik online adalah jurnalistik masa depan. Banyak hal positif yang menjadi dampak dari hadirnya jurnalistik online, diantaranya informasi lebih cepat diwartakan kepada khalayak, menghemat penggunaan kertas, dan sebagainya.

Di sisi lain, hal negatif dari adanya jurnalistik online adalah berita atau informasi yang disajikan saling berkesinambungan. Artinya kita sebagai khalayak tidak dapat langsung menyimpulkan satu berita yang ada di sebuah portal berita. Karena sifatnya realtime maka informasi yang disajikan akan terus mengalami perkembangan selama kasus tersebut belum berakhir. Jadi, sebagai khalayak pun mesti cerdas dalam menanggapi berita di situs-situs online.


[1] Asep Syamsul M. Romli, 2008, Kamus Jurnalistik, Bandung : Simbiosa Retakama Media. (h. 64)
*dilansir dari http://gienpoespa.blogspot.com/2013/02/mengenal-jurnalistik-online.htm/

0 Komentar untuk "Mengenal Jurnalistik Online"

Berikan Komentar

Feed!

KampusTechno

RSS Feed!
RSS Feed!
RSS Feed!
Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!
Feed!

Featured Post 1